Pameran Tokyo Motor Show 2009 menyingkap lebih banyak masa
depan teknologi mobil listrik, seperti tercermin dari Toyota FT-EV II concept
car yang diperkenalkakn di pameran ini.
Dengan teknologi baterai baru dan disain radikal yang belum
pernah ada sebelumnya, mobil konsep ini menunjukkan bakal seperti apa mobil
listrik kelak. Inilah visi Toyota terhadap kendaraan masa depan.
|
|
|
FT-EV II sebenarnya
penyempurnaan evolusioner dari FT-EV concept yang sudah ditampilkan di 2009
Detroit Auto Show. FT-EV II adalah cikal bakal city car bertenaga listrik
masa depan.
|
FT-
EV II lebih kecil dari model Toyota manapun, bahkan dibandingkan micro-car
Toyota iQ (mobil empat penumpang terkecil di dunia). Dengan ukuran sekecil
itu, FT-EV II masih bisa mengakomodasi empat orang dengan layout tiga plus
satu, seperti Toyota iQ. Komposisinya tiga orang dewasa dan satu anak. Jika
tidak dipakai, kursi anak juga bisa dirubah fungsinya jadi tempat barang.
Kunci efisiensi ruang FT-EV II adalah penataan yang teliti dan berhati-hati
soal penempatan baterai dan motor listrik. Hasilnya, ruang depan yang bisa
dimanfaatkan untuk kompartemen penumpang.
|
|
|
Pintu geser
memudahkan akses keluar masuk. Pintu model ini sangat praktis untuk daerah
perkotaan yang memiliki tempat parkir terbatas, dimana jarak antar antar
mobil yang diparkir sangat sempit.
|
Motor
listriknya bisa menggerakkan mobil ini hingga 100km/jam dengan kemampuan
jelajah hingga 90km. Yang paling mencolok di interiornya adalah absennya roda
kemudi, digantikan tongkat kendali mirip yang dipakai pesawatToyota juga
mendisain kaca depan yang sangat lebar. Kaca seperti ini, selain memperbaiki
daya pandang pengemudi juga penumpang didalamnya merasa lapang.
|
|
|
Menurut Toyota,
FT-EV II akan menggunakan baterai yang jauh lebih canggih dari Lithium-ion,
baterai terbaik saat ini. Seperti diketahui, Toyota sedang mengembangkan
teknologi baterai yang memiliki kemampuan menyimpan energi hingga 10 kali
lipat dibandingkan Li-ion namun berat dan dimensinya lebih kecil. Baterai ini
diperkirakan bisa diaplikasikan secara massal di mobil listrik dan hybrida
pada dekade mendatang.
|
“Kami
mencari sesuatu yang lebih baik dari Lithium-ion baterai,” kata Akihiro
Yanaka, project manager untuk mobil-mobil canggih Toyota. Dengan menggunakan
baterai lebih canggih itu, ukuran baterai bisa dibuat lebih ringkas,
sementara peformanya justru meningkat. Itulah sebabnya Toyota mendisain FT-EV
II begitu mungil, bahkan lebih kecil dari FT-EV.
|
|
|
Toyota tidak
berhenti pada upaya meningkatkan efisiensi sistem pengerak seperti motor
listrik dan baterai. Yataka memaparkan, Toyota juga berupaya meningkatkan
efisiensi komponen-komponen lain. Contohnya AC, yang termasuk boros energi.
Upaya ini untuk mengurangi beban sumber energi.
|
”Kami
berupaya mendapatkan metode yang lebih efisien untuk menciptakan comfort.
Anda tidak perlu memanaskan atau mendinginkan seluruh kompartemen penumpang,
bila anda bisa mendinginkan atau memanaskan tubuh penumpangnya saja,” kata
Yataka.
|
|
|
|
.
|
|
Tuesday, 22 November 2011
City Car Masa Depan
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment