Monday, 10 December 2012

Teknologi Yamaha Mio J (Bag.5)


Pakai Rangka Baru


Secara dimensi, Yamaha Mio J memang tidak terlalu jauh beda bila dibandingkan dengan Mio Sporty. Tapi sebenarnya, skubek baru Yamaha yang pakai tag line "It's Magic" ini memiliki rangka baru.

"Semuanya baru bukan hanya mesin dan desain. Tapi rangkanya juga benar-benar baru," jelas M Abidin, Assistant GM Technical, Yamaha Indonesia.

Rangka baru yang digunakan berbeda ketimbang Mio Sporty dan Soul. Terutama di bagian sub frame alias rangka belakang. Mio J ini mengadopsi pipa baja bulat secara keseluruhan. Sedang di generasi Mio yang sudah beredar di Tanah Air, usung bentuk pipa baja kotak.

Lewat ubahan ini, bagasi yang dimiliki J jadi lebih besar ketimbang Mio Sporty. Yaitu, sentuh volume 8,1 liter lebih. Sedang Mio biasa cuma 3,65 liter saja. Tanki bahan bakar juga jadi lebih besar. 

Kini Mio J memiliki panjang total 1.850 mm, lebar 700 mm dan tinggi total 1.050 mm. Tinggi jok ke tanah hanya 745 mm dan memiliki sumbu roda 1.260 mm. Ground clearance-nya 130 mm. 

Dengan rangka baru ini, posisi duduk pengendaranya juga jadi lebih nyaman. Impresi pertama kali saat duduk di atas joknya terasa lega. Selain lebih panjang, juga lebih lebar. Panjangnya kini 791 mm dan lebar 290 mm.

Desain pijakan kakinya juga lebih ergonomis. Luas dek pijakan kaki ini mencapai 1.151 mm persegi. Selain lega, jarak antara cover tulang depan dan cover mesin jadi lebih lebar. Kalau Mio Sporty 135 mm, di Mio J jadi 150 mm.

Bobot keseluruahan motor ini, kini mencapai 92 kilogram untuk versi pelek jari-jari dan 93 kilogram untuk yang mengusung pelek casting wheel.

Satu lagi yang membuat Yamaha Mio J ini berbeda. Yaitu ada pada bobot pelek dan diameter disk brake depan. Pelek Mio J lebih ringan dari Mio Sporty. Pelek depan hanya 2.123 gram dan yang belakang 3.270 gram. Sedang Mio Sporty 2.354 gram dan 3.400 gram.

Diameter diskbrakenya beda 10 mm, jadi 190 mm. Meski lebih kecil tapi secara kemampuan pengereman tetap sama. (motorplus-online.com)

Teknologi Yamaha Mio J (Bag.4)


 CVT Baru Lebih Responsif


Karena pengembangan mesin baru, Yamaha ingin Mio J ini memiliki akselerasi yang lebih responsif sejak bagian bawah hingga menengah. Efek yang mau didapat adalah, performannya responsif dan tetap hemat bahan bakar.

"Dengan karakter yang responsif sejak di putaran bawah jadi lebih hemat bahan bakar karena untuk mulai berjalan engine rpm bisa lebih rendah," ungkap M Abidin, Assistant GM Technical, Yamaha Indonesia. "Tentunya tanpa meninggalkan DNA performa Yamaha yang tetap bertenaga," lanjut pria ramah ini.

Untuk mendapatkan akselerasi yang lebih responsif, sumbu kruk as (puli depan) dan sumbu roda (puli belakang) dbuat lebih pendek. Jika di Mio Sporty berjarak 365 mm, maka di Mio yang baru dilaunching akhir Februari ini menjadi 350 mm. Jadi panjang keseluruhan belt yang diaplikasi jadi 711 mm. Sedang di Mio Sporty, 798 mm. 

Roller pun lebih ringan 1 gram. Dari 10,5 gram jadi 9,5 gram. Gigi rasio juga beda. Mio J, 15/47 mata. Sporty, 13/41 mata. Sedang lebar belt nya 18,5 mm.

Peranti di puli belakang Mio J, berbeda dengan Mio Sporty atau Mio Soul. Seperti halnya kode part yang diaplikasi. Jika di Mio sporty mengadopsi kode part 5TL, maka di Mio injeksi ini kode part yang tertera adalah 54P.

Yang paling kentara, dilihat dari sedikit lebih lebarnya kampas kopling yang dianut Mio J ketimbang Mio Sporty. Oh ya! selain itu, laher puli belakang yang menempel ke rumah CVT juga lebih besar dari generasi Mio terdahulu.

Beralih ke gear transmisi. "Yang baru gearnya lebih besar, kapasitas olinya meningkat jadi 140 ml," beber Abidin. Transmisi yang dilengkapi dengan 4 buah helical gear atau gear yang alurnya miring ini memiliki reduction ratio 9,882. Sedang Mio Sporty hanya 10,123.

Transmisi baru ini memiliki keuntungan pada kenyamanan. Mekanisme ini lebih halus tapi penyaluran tenaga ke roda belakang lebih responsif. (motorplus-online.com)